Kamis, 13 Februari 2014

Korbannya Perempuan


Hari ini gue pergi kekampus setelah sekian lama gue ngga mengunjungi kampus tercinta gue yang terletak di Jalan Dipati Ukur itu. Tujuan gue kekampus hari ini mau mengambil transkrip nilai yang jadi salah satu syarat untuk skripsi. Perjalan kekampus hari ini gue lalui memakai angkutan umum atau yang biasa disebut dengan angkot. Angkot itu terdiri dari beberapa penumpang yang banyak tetapi tidak membuat angkot tersebut penuh. Ketika hampir sampai tujuan didalam angkot itu Cuma tinggal ada gue dan seorang ibu-ibu. Ibu-ibu itu nyapa gue dan gue sapa balik, gue pun mencoba akrab dengan ibu itu. Ibunya pun bercerita kalau dia tinggal dibanjaran dan hendak mencari pekerjaan karna dia bosan kalau hanya diam dirumah. Gue pun berfikir mungkin ibu itu kesepian karna sudah ditinggal sama anak-anaknya menikah dan suaminya yang kerja atau sudah meninggal. Ramahnya gue nanya sama ibu tersebut “Ibu emang anak-anaknya kemana ?”. Ibunya pun menjawab “Ibu mah ngga punya anak, ngga punya suami”. Seketika gue diem dan berasa ngga enak karna udah nanya soal itu, gue Cuma diem dan tersenyum sama ibunya. Ada rasa kasihan juga sih karna liat ibunya Cuma sendiri berjuang buat hidup.

Ibu tersebutpun membuat gue jadi berfikir bagaimana kalau gue ada diposisi beliau ? apa gue bisa tegar atau sedih dan hanya mengurung diri dirumah ? Gue juga jadi memikirkan siapa jodoh gue nanti ? Gue berharap sih yang baik ya dan sesuai harapan. Amin (Semua juga bilang amin dong, please hehe)
Lupakan soal ibu itu dan lupakan soal jodoh, hari ini juga gue ngeliat suatu kejadian yang miris. Jadi waktu gue pulang dari kampus gue naik angkot disebuah terminal namanya terminal kebon kalapa. Ketika gue naik angkot, ada seorang pengamen yang lagi minta-minta uang di dalam angkot itu. Karna seperti biasanya supirpun ngga akan berangkat kalo si angkotnya belum penuh jadi gue pun harus menunggu dengan sabar. Waktu gue nunggu itu gue suka perhatiin sekeliling gue, waktu gue lagi perhatiin sekeliling gue ngga sengaja gue denger pengamen itu ngomong dengan nada kesal “cicing atuh ! (diem atuh!)”. Karna gue ngedenger itu gue langsung merhatiin si pengamen itu kenapa dia kesal, pas gue lagi merhatiin gitu ternyata ada seorang calo angkot gitu yang iseng megangin pantatnya si pengamen waktu si pengamen sibuk minta-minta uang kepenumpang lain. Pengamen itupun kesal karna di isengin terus sama sicalo dan diapun pergi.

Kejadian itu bikin gue kaget bener-bener kaget, ada lho orang didepan umum secara terang-terangan berbuat kurang ajar kaya gitu sama perempuan dan masih kecil pula. Gue sih ngiranya pengamennya masih umur-umur 15-17 tahunlah. Gue kasian dan sedih liat perempuan itu yang ngga dihargain sama calo itu. Apa itu kejadiannya udah berulang-ulang kali ya ? Apa Cuma itu yang dia lakuin apa ada yang lain ?

Setelah kejadian itu gue jadi mikirin hal itu dalam perjalanan. Sebenernya cowo itu bisa berbuat kurang ajar sama cewe itu diliat dari mananya sih ? Kaya si calo yang kurang ajar sama pengamen itu, apa si calo mikirnya Cuma pengamen yang dianggap rendah di masyarakat jadi dia bebas berbuat apa aja. Kenapa si calo ngga berani sama cewe-cewe lain yang lewat ? kenapa ngga sama cewe-cewe yang keliatannya lebih berpendidikan atau status sosialnya lebih dari pengamen itu. Apa cowo bisa berbuat kurang ajar sama cewe karna ngeliat status sosialnya si cewe itu ? Tapi tapi mungkin ada juga ya beberapa kejadian yang kurang ajar sama cewenya dibeberapa tempat dan itu bukan sama orang yang status sosialnya yang dianggap rendah bahkan sama orang yang keliatannya status sosialnya lebih tinggi dari yang dianggap rendah tersebut baik untuk pelaku dan korban yang dilecehkan atau dikurang ajarin.

Okelah mungkin gue ngga liat status sosialnya tentang pelaku dan korbannya karna kejadian itu bisa dilakukan sama orang yang status sosialnya rendah ataupun tinggi sekalipun begitupun dengan korbannya. Tetapi yang jadi pemikiran gue adalah sebenernya cowo itu ngeliat cewe itu bisa dikurang ajarin atau dilecehkan itu dari mananya sih ? atau dari perilakunya ? dari kesehariannya ? dari dia berpakaian ? dari dia ngomong ? dari dia bergaul ? dari mananya ? atau mungkin ngga dari mana-mana ?

http://www.artvalue.com
Mungkin ini tulisannya rada ngga adil ya karna hanya melihat dari sisi korbannya, mungkin juga ada yang berfikir ya kalau ngga dipancing juga mungkin cowonya ngga akan kurang ajar. Contohnya dipancing dari perilaku dia atau mungkin dari dia berpakaian. Apa itu ngejamin kalau dia adalah cewe gampangan yang bisa di”pegang-pegang” dengan gampang ? Susah ya ? Memang menjadi seorang perempuan yang bisa dianggap baik itu adalah kepintaran dari perempuan itu sendiri ya. Kepintaran perempuan itu untuk melakukan pencitraannya masing-masing. Seorang perempuan pun harus pintar untuk menjaga dirinya dari tindakan kekurang ajaran yang bisa aja dilakuin kapan aja dimana aja sama kita. Jadi hey kamu perempuan, pintarlah !


0 komentar:

Posting Komentar

 

dfSITUNGKIR ! Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger